DINAS KESEHATAN KOTA PRABUMULIH SEBAGAI SALAH SATU KABUPATEN/KOTA YANG TERPILIH MENJADI LOKUS PMKDR OLEH PUSDATIN KEMENKES RI

01 November 2021 / 15:16:01 | posted by humas_dinkes | category: Berita

Kota Prabumulih merupakan salah satu dari Tiga Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan selain OKU dan Muara Enim yang terpilih menjadi Lokus Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin yang di laksanakan oleh Pusdatin Kemenkes RI yang berlangsung selama dua hari ( 26 s/d 27 Oktober 2021). Dimana Kegiatan PMKDR ini merupakan perangkat (tool) untuk menilai akurasi dari laporan dan kualitas dari sistem monitoring yang meliputi pengumpulan data, prosesnya dan manajemen data yang berbasis problem solving.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dibimbing langsung oleh Pusdatin Kemenkes RI melakukan Penilaian pada Tiga Puskesmas yang ada di Wilayah Kota Prabumulih. Kegiatan ini di rancang untuk Staf Pengelolah SIK dan Program Kesehatan pada tingkat Nasional, Provinsi, atau Kabupaten/Kota dalam menilai kualitas Data Rutin dan meningkatkan kualitas data sehingga data dapat menjadi landasan bukti/fakta, yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem pemantauan dan evaluasi perencanaan serta pengambilan kebijakan.

Diharapkan PMKDR dapat dilaksanakan secara rutin agar kualitas data dan sistem monitoring dapat menjadi lebih baik.

 





Top